Saturday, October 14, 2017

MANFAAT & KHASIAT TEH UNTUK KESEHATAN

   Teh merupakan salah satu minuman yang nikmat dan disukai oleh banyak orang. Minuman ini biasanya di nikmati saat sore hari untuk merilekskan tubuh seseorang. Meski begitu, minuman ini sebaiknya diminum lebih sering atau minimal tiga kali dalam sehari. Ini dikarenakan, rutin minum teh dalam kehidupan anda, akan berdampak luar biasa dalam peningkatan kesehatan tubuh. Mungkin sulit dipercaya, namun setelah membaca berbagai manfaat tersembunyi dalam teh, maka diharapkan teh menjadi salah satu minuman favorit anda.






Tanaman teh umum nya ditanam diperkebunan dipanen secara manual, dan dapat tumbuh pada ketinggian 200- 2.300 m dpl. Teh berasal dari kawasan india bagian Utara dan Cina Selatan. Ada dua kelompok varietas teh yang terkenal, yajtu varietas assamica yang berasal dari Assam dan varietas sinensis yang berasal dari Cina. Varietas assamica daunnya agak besar dengan ujung yang runcing, sedangkan daun varietas sinensis lebih kecil dan ujungnya agak tumpul Pohon kecil. karena seringnya pemangkasan maka tampak seperti perdu. bila tidak dlpangkas, akan tumbuh kecil ramping setinggi 5-10 m, dengan bentuk tajuk seperti kerucut Batang tegak berkayu, bercabang-cabang, ujung ranting dan daun muda berambut halus. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berseling, helai daun kaku seperti kulit tipis, bentuknya elips memanjang, ujung dan pangkal runcing, tapi bergerigi halus, pertulangan menyirip, panjang 6-18 cm, lebar 2 cm, warnany: hijau. Bunga di ketiak daun, tunggal atau beberapa bunga bergabung menjadl satu, berkelamin dua, garis tengah 3-4 cm, warnanya putih cerah dengan kepala sari berwarna kuning harum Buahnya buah kotak berdinding tebal. pecah menurut ruang, masih muda hijau setelah tua cokelat kehitaman. biji keras 1-3. Pucuk dan daun muda yang digunakan untuk pembuatan minuman. Perkembangbiakan dengan biji, stek, sambungan atau cangkokan.
Lalu, apa saja manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh tersebut..

Penyakit yang dapat di obati
Sakit kepala,diare,penyubur dan penghitam rambut,kolesterol dan trigliserida darah tinggi,infeksi saluran cerna,kencing manis(diabetes melitus)mengurangi karang gigi

Bagian  yang Digunakan
Daun.

Cara Pemakaian
Daun teh kering sebanyak 4-7 gram diseduh dengan air panas, minum sewaktu hangat atau setelah dingin. Pemakaian luar, daun segar dicuci bersih lalu digiling halus. Diturapkan pada luka berdarah, lalu dibalut.

Contoh Pemkaian

1.Diare

Daun teh yang masih muda dan saga: sebanyak 20 gram dicuci bersih lalu direbus dengan 3 geles air bersih selama 15 menit. Setelah dingin disaring
dan minum sekaligus.

2. Penyubur dan penghitamkan rambut
Air teh  kental sebanyak 1 cangkit diembunkan semalaman. Keesokan
paginya air teh ini siap dipakai untuk membasahi ‘ kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan 1 kali setiap hari, sampai kelihatan hasilnya.

3. Sakit kepala
Air teh kental 3/4 cangkir, diberi air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh dan madu I sendok makan Aduk sampai merata, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari'.

4. Mengurangi pembentukan karang gigi Kumur-kumur dengan air teh setelah makan.

5. Infeksi saluran cerna, kolsterol darah tinggi
Daun teh kering (teh hijau) sebanyak 7 gram diseduh dengan air panas. Biarkan selama 10 menit. Minum selagi hangat.

Catatan: Keracunan kafeina kronis bila minum 5 cangkir teh setiap hari yang setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), Fasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak napsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, secak napas, dan kadang sukar buang air besar.

No comments:

Post a Comment